Saturday, December 05, 2015

Mengganti Template Baru di Blogger

Mungkin banyak yang belum sadar atau mungkin ada yang sadar (syukurlah kalo ada yang sadar), kalau sekitar 3 hari yang lalu saya mengganti template baru di blogger untuk blog Junaedi Widjojo ini.

Yup, setelah sekian lama blog ini menggunakan template default yang disediakan oleh Blogger, kini blog Junaedi Widjojo menggunakan template baru dan pastinya tampak lebih bagus daripada template yang lama (menurut saya sendiri sih)..

Memang pertama agak kuatir untuk ganti template dengan yang baru, soalnya template yang lama itu sudah penuh modifikasi, misalnya ada penambahan breadcrumb, ada juga tambahan tulisan di akhir artikel, dan modifikasi lainnya yang bahkan saya sampai lupa sudah apa aja yang saya ganti.

Makanya jadi agak bingung kalau-kalau template ini diganti, malah nilai SEO-nya turun di mata google. Tapi, kalo kita tidak berani untuk berubah, maka kita akan ada di tempat yang sama terus. Sedangkan orang lain mungkin saja sudah berubah menjadi lebih baik daripada kita.

Lagipula, template blogger saat ini banyak yang SEO Friendly. Bahkan sangat mungkin template dari blogger yang SEO friendly ini lebih bagus optimasi SEO-nya daripada template lama saya yang merupakan hasil modifikasi.

Dan akhirnya setelah beberapa waktu menimbang-nimbang, akhirnya saya putuskan untuk mengganti template baru di blogger untuk blog ini.

Pilih theme baru

Bingung cara milih theme yang SEO friendly? Menurut saya sih tinggal cari website penyedia template yang terbukti sukses dalam menerapkan SEO. Caranya saya cari di google dengan kata kunci "blogger template seo friendly" dan cari yang menduduki halaman satu.

Karena saya malas dengan banyak pilihan website, saya langsung saja klik link yang ada di nomor 1 google. Waktu itu, yang menduduki peringkat satu adalah Template SEO ready dari gooyaabi templates.

Asik juga nih website, ada banyak ragam pilihan untuk mencari themes yang SEO friendly. Karena ini bersifat blog pribadi seorang cowok, simple dan ringan, saya coba cari template yang simple, ga banyak hiasan warna dan enak dilihat.

Dan akhirnya, pilihan jatuh ke template Steve Responsive dari templateclue. Blog simple dan SEO friendly ini sukses menghiasi blog pribadi Junaedi Widjojo ini. *yay*

Mengganti template di blogger

Cara untuk mengganti template di blogger ternyata gampang loh.. Kita tinggal upload file xml yang kita dapat setelah download theme. Jadi di bagian template saat kita masuk ke blogger itu, ada tombol Backup / Restore, nah di tombol itu tinggal kita klik.

mengganti template Blog


Ada baiknya kita klik "Download full template" dulu agar template yang lama kita tersimpan. Lalu Choose file dan pilih file xml dari theme yang kita inginkan, baru pencet Upload dan selesai deh.

Taraaaaaaa..

Tampilan blog baru pun muncul.

Template Baru Junaedi 2015


Selanjutnya tinggal pilih customize dan atur theme itu sesuai yang kita inginkan. Memang agak ribet sih ganti-ganti setting untuk template karena tergantung themes yang didapat juga, kalau Anda bingung, tanyakan saja di komentar ya. Mungkin bisa saya bantu jawab kalau bisa


Akhirnya setelah sekian lama tidak mengurus soal template blog, kali ini saya mulai perhatian sama template di blog. Ide ini muncul karena seringkali saat saya ikut kontes SEO, saya dapati pemenang-pemenang kontes SEO kebanyakan merupakan seorang blogger dengan template custom. Jadi, jika kamu sudah punya blogger atau mau menjadi blogger, ada baiknya blog-mu dilengkapi dengan template custom yang SEO friendly pula.

Selain itu, blog default yang ada di blogger kebanyakan design-nya kurang menarik (menurut saya) jadi ada baiknya untuk coba cari di Internet, ternyata banyak pilihan yang bagus-bagus loh.

Ayo jangan takut untuk mengganti template baru di blogger. Kalau mau tanya-tanya jangan sungkan, coba tanyakan saja di bagian komentar. Dan semoga saya bisa jawab juga ya pertanyaannya. Hihihi...


No comments:

Post a Comment