Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Monday, January 11, 2016

(Lanjutan) Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaking Lucu di Kelompok Sel

Syalom..!

Senang sekali kalo ternyata blog ini berguna bagi para pembaca sekalian. Terlebih lagi, blog ini ternyata diminati banyak orang yang sedang mencari daftar permainan yang bisa dipakai di tempat komunitas mereka. Setiap komentar-komentar yang diberikan memberikan semangat buat saya untuk mendokumentasikan beberapa permainan seru yang pernah saya alami waktu berkumpul bersama teman-teman.

Berhubung pos yang lama mengenai Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel sudah mencapai 10 game, akhirnya saya berpikir untuk membuat pos yang baru mengenai ice breaking lucu.

Berikut adalah daftar-daftar ice breaking lucu untuk dimainkan pada kelompok sel. Silahkan di simak ya..

11. Mengurutkan Alfabet (Credit by : Buyung)

Game ini sebenarnya mirip dengan game Running Man. Bedanya, kalo game di Running Man mengurutkan angka, sedangkan game ini mengurutkan alfabet. Yah, berhubung sama saja silahkan pilih sendiri game yang dibuat mau mengurutkan alfabet atau mengurutkan angka.

Ice breaker ini mudah kok dalam memainkannya.

Aturannya, untuk setiap ronde, semua pemain diminta untuk mengurutkan alfabet. Misalkan, moderator mengawali permainan ini dengan huruf "A." Lalu, pemain segera menyebutkan huruf berikutnya yaitu "B, C, " dan seterusnya. Untuk pemain yang sudah menyebutkan huruf berikutnya berarti masuk ke kategori selamat dalam game itu. Nah, pemain yang terakhir menyebutkan huruf maka dinyatakan kalah dalam ronde itu.

Berhubung game ini merupakan game cepet-cepetan (siapa cepat dia dapat), maka ada aturan tambahan lagi. Jika ada dua pemain atau lebih yang menyebutkan huruf berikutnya secara bersamaan, maka pemain-pemain itu dinyatakan kalah dalam ronde tersebut.

Singkatnya, dalam setiap ronde para pemain diminta untuk mengurutkan alfabet, pemain akan kalah dalam ronde tersebut jika dia menjadi pemain yang terakhir atau pemain tersebut menyebutkan huruf bersamaan dengan pemain lain.

Agar permainan menantang, gunakan sistem gugur untuk pemain yang kalah beberapa kali (bisa 1 kali, 2 kali atau lebih, silahkan tentukan sendiri ya ^^) dalam setiap ronde.

Untuk memudahkan, pemain yang sudah menyebutkan alfabet diminta mundur atau duduk sehingga lebih kelihatan siapa yang sudah atau belum menyebutkan alfabet.

12. Saling Mengenal (Credit by : Welly)

Permainan ini lucu juga kalau digunakan untuk mengakrabkan anggota sama lain. Cara mainnya juga mudah loh..!

Minta setiap peserta untuk menyebutkan informasi diri mereka masing-masing. Informasi diri bisa ditentukan oleh moderator terlebih dahulu, kalau saya waktu main game ini informasi diri yang diminta adalah nama, tanggal lahir, tinggi badan, ukuran sepatu dan hobby.

Nah, setelah masing-masing menyebutkan, tinggal jadikan informasi itu sebagai pertanyaan, misalnya tanya si A berapa tinggi badan si B; tanya si B berapa ukuran sepatu si C; tanya si C siapa saja yang lahir pada bulan Juli; dan seterusnya. Pertanyaan yang diberikan bisa diberikan secara random kok, jadi jangan terpaku sama urutan.

Untuk lebih mendramatisir suasana (cieee..), mulai pertanyaan dengan diawali dengan lagu dulu. Bisa ajak pemain untuk menyanyikan lagu "Bila Roh Allah ada di dalamku" sambil goyang-goyang (boleh dengan lagu lainnya) lalu mulai berikan sebuah pertanyaan ke satu peserta. Mulai dengan lagu lagi, begitu seterusnya.

Saran saya tidak usah terpaku untuk menang kalah dalam game ini, karena game ini hanya untuk lucu-lucuan sambil saling mengenal. Jadi ga usah mikirin urut atau adilnya peserta yang ditanyakan, yang penting lucu aja waktu dimainin. Hihihihi...

13. Pancasila Lima Dasar (Credit by : Yenme)

Mungkin banyak yang tahu permainan ini karena ini permainan lucu waktu masa kecil, tapi ternyata seru juga loh waktu game ini jadi permainan CG (Connect Group, bisa dikatakan komsel juga sih) saat dikemas dengan cara yang agak berbeda.

Penjelasan game dapat dilihat pada kumpulan permainan anak-anak nomor 6, bagian ini menjelaskan modifikasi dari permainan ini saja.

Bagikan peserta kertas dan bolpoin dimana untuk kertas sudah dibagi menjadi beberapa kolom (silahkan menyesuaikan sendiri). Untuk masing-masing kolom merupakan topik yang ditentukan, misalkan kolom pertama untuk nama binatang, kolom kedua untuk nama negara, kolom ketiga untuk nama iklan dan seterusnya. Sediakan kolom skor yaitu di kolom terakhir untuk memudahkan perhitungan.

Pancasila Lima Dasar
Hom pim pa dengan menunjukkan jumlah jari untuk menentukan alfabet yang bakal ditebak. Jika alfabet sudah ditentukan, minta peserta untuk mengisi setiap kolom sesuai dengan topik dan alfabet yang ditentukan. Tidak boleh ngintip loh ya!

Setelah semua selesai mengisi, lanjut ke penilaian. Untuk peserta yang tidak menjawab maka nilainya 0, untuk peserta yang menjawab berikan nilai 100. Namun, jika ternyata jawaban peserta ada yang kembar, maka bagi nilai 100 itu kepada peserta yang kembar. Misalnya, ada 2 orang yang menjawab Macan pada topik nama binatang dengan huruf M, maka peserta tersebut mendapat nilai 50 untuk jawaban tersebut.

Sediakan beberapa ronde untuk permainan ini, jika sudah selesai, total skor yang didapat dan skor tertinggi adalah pemenangnya. Simple kan? Tapi seru loh permainan ini..

14. Time Bomb (Credit by : Tere)

Permainan ini pernah dimainkan di Running Man saat bintang tamu yang datang adalah Jackie Chan, tapi waktu dicoba dimainin di kelompok sel seru juga loh!

Game ini membutuhkan timer, pakai HP yang ada timer-nya juga boleh kok. Hehehe..

Orang yang memulai permainan diminta untuk mengatur timer dengan jumlah waktu terserah, bisa 30 detik, 45 detik, 1 menit atau lainnya; yang penting jangan lama-lama biar ga bosen.

Permainan dimulai dengan mengajukan pertanyaan (bebas deh mau tanya apapun) sambil memberikan timer kepada pemain yang ditanya. Pemain yang ditanya menjawab pertanyaan tersebut lalu mulai bertanya kepada pemain yang lain sambil memberikan timer itu. Nah, saat timer berbunyi karena waktu habis, orang yang memegang timer di saat itulah yang dinyatakan kalah.

Contoh nih, Pemulai permainan bertanya kepada Andy, "Ndy, kemarin malam makan apa?" lalu si Andy menjawab, "Tahu tek, Renato, kamu suka renang atau main basket?" Renato menjawab "Basket, Lydia, kamu ..." dan seterusnya sampai timer berbunyi.

Game ini dibuat untuk fun aja, jadi silahkan tentukan sendiri jumlah kalah dari permainan ini. Atau kalau hanya buat ice breaker, saya pikir buat permainan seru-seruan tanpa menang kalah juga asik loh.

15. Tebak Tokoh Alkitab

Game ini cukup simpel tapi seru juga. Pilih satu orang yang menjadi penebak dan minta dia untuk keluar ruangan terlebih dahulu. Pemain yang lain memikirkan bersama-sama satu toko alkitab yang akan ditebak. Setelah selesai berdiskusi, penebak dipersilahkan masuk ke ruangan kembali.

Penebak diberi 10 kesempatan (jumlah bisa janjian sendiri) untuk memberikan pertanyaan ke salah satu pemain. Pemain yang ditanya hanya boleh menjawab dengan jawaban "Ya" atau "Tidak" atau "Bisa jadi." Setelah bertanya, penebak akan langsung menebak tokoh alkitab yang dimaksud. Jika salah, maka penebak dapat bertanya lagi sampai jatah kesempatan yang diberikan di permainan habis.

Ulangi permainan dengan mengganti penebak. Waktu itu sih berhubung komsel saya ada 4 orang, maka semua dapat kesempatan untuk menjadi penebak.

Game ini cuman buat seru-seruan aja sih, jadi tidak ada yang menang ataupun kalah. Yang penting mencoba menebak aja. Dan ternyata, game ini seru juga loh!

16. Cepat Baca Kalimat (Credit by : Fano)

Ini game teman saya dapatkan setelah terinspirasi dari game Running Man.

Bagi tim dalam kelompok, kira-kira 1 kelompok isinya 5 orang. Minta setiap kelompok membuat kalimat-kalimat yang sulit diucapkan, berikan jumlah maksimal kata agar kalimat yang diberikan tidak terlalu panjang.

Minta kelompok lain untuk membaca kalimat yang diberikan kelompok tersebut dalam waktu tertentu secara bergantian.

Jadi misalkan ada 2 kelompok (kelompok A dan kelompok B), kelompok A membuat kalimat untuk kelompok B. Masing-masing anggota kelompok B akan membaca kalimat tersebut secara bergantian dalam waktu 1 menit. Jika waktu membaca ada kesalahan, maka kelompok B harus membaca dari anggota kelompok yang pertama kali membaca. Jika waktu sudah habis dan ternyata kelompok B belum selesai membaca, maka kelompok B dinyatakan gagal. Sebaliknya, jika berhasil maka kelompok B dinyatakan menang.

17. Saling Menebak (Credit by : Buyung)

Masih permainan seputar kelompok sel dengan konsep "ya, tidak atau bisa jadi." Hanya saja, di game ini setiap pemain punya tebakannya masing-masing.

Cara mainnya gampang kok, setiap pemain diminta untuk menyiapkan satu hal untuk ditebak, pemimpin game dapat menentukan topik agar tebakan tidak terlalu luas. Contohnya tokoh alkitab, aktor, nama hewan dan lainnya.

Mulai permainan dengan mengajukan pertanyaan ke salah satu pemain. Pemain yang ditanya harus menjawab pertanyaan dengan "ya, tidak atau bisa jadi" yang dilanjutkan dengan kesempatan untuk pemain yang ditanya memberi pertanyaan ke pemain lain.

Ambil contoh terdapat 4 pemain yaitu A, B, C dan D. Pemain A yang memulai permainan memberi pertanyaan ke pemain B. Setelah pemain B menjawab, pemain B dapat memberi pertanyaan ke pemain lain. Berikut seterusnya sampai semua tebakan sudah berhasil ditebak.

Saat pertanyaan-pertanyaan dilontarkan, semua pemain dapat langsung menebak tebakan milik pemain lain. Hanya saja, jika ternyata tebakan tersebut salah maka pemain tersebut mendapatkan minus satu untuk poinnya. Jika tebakan ternyata benar, pemain mendapatkan poin plus 2. Sampai semua tebakan berhasil ditebak, pemain dengan poin paling tinggi adalah pemenangnya.

18. Catch the thief! (Credit by : Tere)

Ini game yang dulu cukup sering dimainkan di episode-episode awal Running Man. Hanya saja mungkin penjelasan game ini sedikit berbeda dengan game Catch the thief! Running Man yang asli.

Oh ya, untuk memulai permainan ini dibutuhkan kartu (bisa kartu remi, kartu uno, dkk).

Bagikan masing-masing pemain 2 buah kartu dimana dalam tumpukan kartu yang dibagi, sisipkan satu kartu yang disebut sebagai kartu maling. Pemain boleh melihat kartunya namun tidak boleh melihat kartu milik pemain lain. Berikan dua putaran dimana dalam putaran itu, setiap pemain mengambil satu kartu milik pemain sebelah, dengan demikian, posisi kartu maling dapat berpindah-pindah sesuai dengan putaran yang ada.

Jika sudah dua putaran, masing-masing pemain menunjuk satu orang yang diduga memiliki kartu maling. Jika tebakan benar, maka pemain tersebut akan mendapatkan plus satu. Mainkan game ini beberapa kali sesuai dengan waktu yang disediakan. Pemain dengan poin tertinggi adalah pemenangnya.

19. Ha, Apa, Siapa? (Credit by : Komentar Blog dengan penyesuaian)

Peserta duduk melingkar, peraturannya orang pertama menyebutkan salah satu dari tiga kata tersebut, setelah itu dilanjutkan ke orang sebelahnya. Orang yang duduk di sebelahnya harus mengucapkan kata yang berbeda jika ingin melanjutkan putarannya. Tapi jika ingin merubah putaran, orang yang disebelahnya harus mengucapkan kata yang sama dengan yang sudah disebutkan.

Misalnya jika putaran pertama ke arah kanan A: Apa (kanan) B: Ha (kanan) C: Apa (kanan) D: Apa (kiri) C: Siapa (kiri) B: Siapa (kanan)..... Dst

Peserta dianggap kalah jika menjawab tidak sesuai dengan gilirannya atau tidak menjawab pada saat gilirannya.


Itulah game-game yang bisa saya rangkumkan di dalam blog saya. Kalau merasa masih kurang, mungkin bisa lihat post saya tentang (Kondisi Butuh Persiapan) Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel atau Kumpulan Permainan / Games untuk Team Building. Jika merasa kurang jelas dalam penjelasannya, silahkan berikan komentar di bawah :p. Sangat diperbolehkan loh kalo para pembaca sekalian juga mau membantu memberikan tambahan daftar permainan-permainan lucu di komentar. Thanks

3 comments:

  1. terima kasih atas sharingnya. sangat bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  2. Gan, mau nanya buat games no 18 "catch the thief":
    Untuk yg megang kartu maling, harus nebak siapa? Karena kan kalau dia sebut dirinya sendiri, berarti pemain lain akan tau kalo dia malingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia perlu mengecoh gan, jadi tunjuk yg lain gitu.. Dia dpt poinnya klo ga ada yg nebak dia

      Delete

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates