Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Friday, August 21, 2015

Kumpulan Permainan / Games untuk Team Building

Sudah lama kepengin buat post seperti ini lagi.. Apalagi setelah melihat bahwa kebanyakan pengunjung blog ini membaca pos saya tentang Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel, jadi tambah kepengin deh.

Yup, sesuai judul, pos kali ini akan banyak membahas soal kumpulan permainan / games untuk team building. Yang saya maksud team building berarti dari permainan-permainan ini ada makna yang bisa didapat. Maknanya bisa berbagai macam yang penting bisa membawa anggota tim dibangun lewat permainannya.

Langsung aja yuk kita lihat daftar permainan team building ini..


1. Percaya

Saya kurang tahu nama asli game ini, tapi permainan ini cukup sering dimainkan karena sederhana dan memberikan makna yang menarik. Cara mainnya sangat mudah, mula-mula pasangkan setiap anggota tim (1 pasang 2 orang). Setiap pasangan memilih 1 orang yang akan jatuh (teman 1) dan satunya yang akan menangkap temannya (teman 2). Teman 1 menghadap ke arah berlawanan dengan teman 2 (tidak melihat teman 2), lalu dalam hitungan ketiga teman 1 jatuh ke belakang dimana teman 2 bertugas untuk menangkapnya.

Makna dari game ini: kepercayaan. Kepercayaan antar anggota tim diuji disini. Lewat permainan ini, jika teman 1 kurang percaya terhadap teman 2, maka teman 1 tidak akan jatuh dengan cepat. Lewat permainan ini kita bisa ajarkan kepada anggota tim untuk berani mempercayai anggota timnya. Ulangi game ini dan lihatlah apakah anggota tim bisa jatuh lebih cepat atau sama saja.


2. Membentuk Lingkaran

Minta para pemain (anggota tim) untuk membentuk lingkaran. Untuk memudahkan penjelasan, silahkan lihat ilustrasi gambar di bawah ini dengan contoh 6 orang (jumlah pemain terserah kok).

permainan membentuk lingkaran
Ilustrasi Permainan Membentuk Lingkaran

Setelah membentuk lingkaran, minta setiap pemain mengangkat tangan kanannya lalu maju ke depan dan gandeng tangan kanan orang di depan mereka dengan tangan kanannya (Jika pemain ganjil tidak masalah, salah satu tidak perlu menggandeng tangan terlebih dahulu). Contohnya pada gambar, maka pemain nomor 1 akan bergandengan tangan kanan dengan nomor 4, nomor 2 dengan nomor 5 dan nomor 3 dengan nomor 6. Jika sudah dilakukan, minta para pemain untuk menggandeng tangan kirinya dengan tangan kiri pemain lain, tidak boleh sama dengan pasangan tangan kanan.

Mulai permainan dengan meminta semua pemain yang sudah bergandeng tangan untuk membentuk lingkaran utuh seperti semula. Tidak boleh untuk melepaskan tangan dari gandengan. Permainan selesai jika pemain dapat membentuk lingkaran utuh kembali tanpa melepaskan tangan dari gandengan.

Makna dari game ini: cukup satu komando. Mungkin ini sih yang paling saya dapatkan waktu memainkan permainan ini. Karena waktu pertama main game ini, anggota tim permainan saya kebanyakan pada memberi komando semua. Sehingga permainan menjadi sangat lama karena yang satu perintah kesini, yang satu perintah kesana, jadinya malah timbul kekacauan. Berbeda ketika permainan ini saya terapkan di kelompok sel saya, waktu yang digunakan untuk membentuk kembali lingkaran utuh sangatlah cepat. Hal ini karena yang memberi komando hanya satu orang dan yang lainnya menurutinya. Makna lain game ini mungkin bisa didapat jika kamu mencobanya sendiri. Jangan lupa diceritakan lewat komentar ya :P


3. Membangun Rumah

Sebenarnya game ini masih ada di pikiran saya saja, belum sempat untuk mencoba memainkannya, tapi kalau kamu kepengin coba game ini sangat diharapkan loh. Nanti ceritakan di komentar waktu main game ini bagaimana yang dirasakan dan makna apa yang didapat.

Game nya sangat simpel, cukup bagi kelompok ke tim kecil 2-3 orang atau bahkan sendirian saja jika orangnya memang sedikit. Bagikan kertas dan alat tulis lalu minta setiap tim untuk menggambar "sesuatu" seperti yang mereka inginkan. "Sesuatu" sebaiknya merupakan organisasi atau nama perkumpulan yang kamu ikuti, misalnya kamu sedang memimpin permainan untuk kelompok sel, maka mintalah setiap tim untuk menggambar "kelompok sel" seperti apa yang tim inginkan. Jika kebingungan, mending minta mereka gambar rumah saja.

Biar lebih seru, berikan waktu kepada setiap tim untuk mempresentasikan gambar yang mereka buat dan menjelaskannya.

Makna dari game ini: utamakan visi organisasi. Saya yakin gambar dan apa yang dipresentasikan akan berbeda-beda antar anggota tim. Lalu mulailah dengan mempertanyakan "apakah rumah/kelompok sel/organisasi yang dimaksud bisa dibangun jika semua menggambar dengan cara yang berbeda-beda?" Kebanyakan organisasi menjadi kacau karena setiap orang memiliki visi yang berbeda-beda untuk organisasi tersebut. Mungkin mereka memiliki visi yang baik untuk organisasi, namun jika semua mengutamakan visi pribadi mereka masing-masing, maka gambar rumah/kelompok sel/organisasi yang dibangun juga akan menjadi kacau. Misalnya yang satu mengecat temboknya dengan warna merah, tapi di satu sisi tembok yang lain dicat dengan warna biru. Untuk itulah mengutamakan visi organisasi amatlah penting. Setiap perbedaan, harus segera diselesaikan dengan acuan visi organisasi terlebih dahulu.


4. Bintang (Credit by : Jefry)

Semua pasti tidak asing kan dengan gambar bintang jika digambar dengan 1 garis? Gambar bintang tersebut akan memiliki 10 titik yaitu 5 titik di dalam dan 5 titik di luar. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar bintang di bawah ini.

bintang


Permainan ini sebenernya cocok untuk dimainkan 10 orang, tapi kalau jumlah orangnya lebih, terpaksa pemain yang lain bisa bantu mikir aja.

Gambarkan bintang seperti ini di tanah atau lantai tempat bermain. Anda bisa gunakan plakban atau tongkat yang penting bisa membuat jelas garis-garis pada bintang.

Tujuan dari permainan ini adalah membuat sepuluh pemain ada di masing-masing titik pada bintang. Namun (tetep perlu ada aturannya dong)..
  • Sembilan pemain harus mencapai ke suatu titik setelah berjalan dua langkah dari titik awal.
  • Langkah yang dibuat harus lurus tidak boleh belok-belok.
  • Pemain tidak boleh memulai (titik awal) di titik yang sudah ditempati. Namun boleh melewati titik yang sudah ada orangnya saat melangkah.
  • Untuk pemain yang terakhir tidak boleh melangkah sama sekali alias langsung saja ke titik terakhir.

Makna dari game ini: mulai berpikir dari tujuan. Mungkin kamu bakal merasa bingung untuk menyelesaikan permainan ini. Cobalah memulai permainan ini dari belakang, yang artinya mulailah berpikir dari tujuan ke langkah awal. Biarkan sepuluh pemain ada di masing-masing titik. Lalu mulailah menghilangkan orang kesepuluh yang tidak perlu melangkah. Hilangkan orang kesembilan dengan melakukan 2 langkah sesuai aturan, begitu seterusnya. Setelah itu, kamu bakal mendapatkan cara untuk menyelesaikan permainan ini.

Hal ini sama juga dengan strategi tim, mulailah dari tujuan tim mau menuju kemana yang selanjutnya dapat membuat kita untuk menentukan langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa mencapai tujuan tersebut.



Mungkin untuk sementara permainan-permainan ini dulu yang saya bagikan. Sebenernya dulu sempet ikutan semacam LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) gitu tapi catatan game-gamenya hilang. Yah... Ini aja dulu deh.. mungkin kamu bisa bantu berikan referensi permainan team building lainnya melalui komentar di bawah ini ya. Ur help is needed :) Thank you

4 comments:

  1. Thanks buat gamesnya, semoga bisa kepake buat kumpul organisasiku juga nantinya :D

    ReplyDelete
  2. Tolong lebih dijelaskan lagi cari menyelesaikan game bintang itu, saya masih bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya kalau tim mau diajak berpikir terlebih dahulu, minta mereka untuk mulai dari tujuan akhir yaitu saat dimana semua pemain ada di bintang. Lalu, satu pemain keluar dari bintang, diikuti dengan pemain berikutnya yang harus berjalan mundur dua langkah. Begitu seterusnya sampai ke kondisi awal yaitu semua pemain tidak ada di bintang.

      Nanti akan ketemu polanya, yaitu untuk menyelesaikan game bintang ini,
      saat pemain melakukan dua langkah untuk menempati suatu posisi, pemain berikutnya mengisi posisi AWAL (sebelum melangkah) dari pemain sebelumnya. Jika pola ini diikuti terus, maka game bintang ini akan dapat diselesaikan.

      Jika kurang jelas, sudah saya buatkan video singkat tentang cara menyelesaikan game bintang
      semoga bisa membantu :)

      Delete
  3. Terimakasih gamenya sangat membantu




    www.ucuptalentpro.com

    ReplyDelete

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates