Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Monday, January 18, 2016

Yuk Belajar Pemrograman di Codecademy.com

Sering saya temui, teman saya yang kepengin belajar pemrograman tapi tidak tahu caranya. Saya sendiri sebenarnya kepengin ngajarin mereka, tapi pada akhirnya saya sendiri kebingungan untuk memulai darimana kalau belajar pemrograman.

Menurut saya, sebenarnya belajar pemrograman sebaiknya dimulai dengan flowchart terlebih dahulu. Setelah belajar mengenai flowchart dan belajar alur logika pemrograman, baru setelah itu mulai mencoba menulis di program.

Tapi seringkali, kebanyakan teman-teman saya kepengin instan. Kepengin belajar langsung di pemrograman sendiri. Saya gak melarang sih, tapi masalahnya, karena itu saya bingung mulai belajar darimana saat belajar pemrograman.

Nah untungnya ada web penolong yang bagus bagi kamu-kamu yang bingung mencari tempat belajar pemrograman dimana.

Nama website-nya Codecademy.


Tampilan Web Codecademy

Codecademy merupakan website untuk belajar bahasa pemrograman secara interaktif. Di website ini, kamu bisa menuliskan kode program dan melihat hasilnya secara langsung. Pokoknya bagus banget bagi yang ingin menguasai bahasa pemrograman.

Saya sendiri pernah belajar bahasa Ruby di website ini, gampang banget caranya.

Kita diberikan soal-soal yang pastinya mudah untuk diikuti. Dan kita tinggal solve soal tersebut, yang nantinya akan lanjut ke soal berikutnya setelah soal berhasil dipecahkan. Jadi disini kita bisa bermain menghadapi soal sambil belajar.

History yang dipelajari juga tersimpan loh. Tinggal buat user seperti biasa (kalau mau lihat user saya silahkan lihat di Codecademy Junaedi Widjojo), nantinya tinggal log in lagi.

Riwayat soal-soal yang pernah kamu ikuti sudah tersimpan dengan detail disana. Dengan begitu, kita bisa melanjutkan program belajar kita tanpa perlu mengulang tes yang pernah kita jalani. Pokoknya benar-benar high tech banget nih website!

Ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di Codecademy. Bagi kamu yang mau belajar web, tinggal pilih aja bahasa pemrograman web seperti PHP, JS, CSS dan lainnya. Ada juga pilihan bahasa pemrograman non website lainnya seperti Java, Python, Ruby atau lainnya.

Jadi website ini memang cocok banget bagi kamu-kamu yang ingin belajar pemrograman tapi bingung mulai darimana.

Yuk belajar di Codecademy.com

1 comment:

  1. untuk membuka syllabus yang locked di codecademy gimana ?tapi gratisan wkwk

    ReplyDelete

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates