Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Sunday, July 12, 2015

Mengembangkan Potensi Diri

Buku Be All You Can Be
Sumber gambar: onelittlelifeandjourney
Saat sedang membaca buku dari John C. Maxwell yang berjudul Be All You Can Be!, saya tertarik dengan prinsip yang dibagikan oleh buku ini mengenai mengembangkan potensi diri yang dibahas saat menjabarkan huruf per huruf dari kata SUCCESS. Mengembangkan potensi diri ini dibahas pada huruf U yaitu dengan sub judul U - Unlock Your Imprisoned Potential (Membuka Potensi Diri Anda yang Dipenjara).

John C. Maxwell membagikan 5 langkah praktis untuk membukanya, yaitu dengan Look Up, Give Up, Fire Up, Show Up, dan Go Up. Berikut akan saya tuliskan penjelasan singkat dari langkah-langkah ini.

Look Up

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah melihat ke atas. Temukan model, seseorang yang kita rasa ada di atas kita. Carilah orang yang berpikir lebih cepat dari kita, mengerjakan lebih baik dari kita atau apapun yang menurut kita dia bisa menantang kita. Orang-orang demikian akan membantu mengangkat kehidupan kita.

Give Up

Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih tinggi, kita harus meninggalkan hal-hal yang membuat kita tidak bisa meningkat. Banyak tokoh Alkitab yang meninggalkan sesuatu untuk membuatnya dapat meningkat lebih tinggi. Abraham meninggalkan tempat tinggalnya untuk mencari tempat tinggal yang lebih baik, Musa meninggalkan kekayaannya di Mesir untuk menyelamatkan bangsa Israel, bahkan Yesus rela mengorbankan dirinya untuk memberikan kepada kita kebenaran.

Fire Up

Mengapi-apikan diri adalah hal yang harus kita lakukan untuk mengembangkan potensi diri kita. Zona nyaman merupakan musuh terbesar bagi orang yang ingin mengembangkan dirinya. Zona nyaman akan membuat kita puas dan membuat kita lupa bahwa masih banyak hal-hal besar yang bisa kita gapai dalam kehidupan kita.

Show Up

Tidak ada yang dapat mengembangkan potensi diri kita selain dengan menghadapi tantangan kehidupan yang kita hadapi. Kebanyakan orang gagal dalam proses ini, mereka bersembunyi dari tantangan dan akhirnya tidak mengalami peningkatan. Jangan terintimidasi oleh tantangan, hadapi itu!

Go Up

Jika kita sudah melihat ke atas terhadap orang-orang yang ada di atas kita (look up), kita meninggalkan hal-hal yang membuat kita sulit untuk meningkat (give up), kita mengapi-apikan diri untuk selalu meningkat (fire up), dan kita menghadapi tantangan yang ada di hadapan kita (show up); maka kita akan mengalami peningkatan (go up). Peningkatan (go up) akan otomatis kita alami ketika kita sudah melakukan hal-hal yang membuat kita meningkat (look up, give up, fire up, show up).

Menemukan Potensi Diri


Inilah yang merupakan cara untuk mengembangkan atau membuka potensi diri menurut John C. Maxwell. Hal yang perlu kita perhatikan lainnya adalah persoalan menemukan potensi diri. Percuma jika kita tahu cara untuk mengembangkan potensi diri kita, namun kita tidak tahu potensi diri kita. Untuk itu saya mendorong para pembaca untuk membaca artikel saya tentang menemukan potensi diri yang saya tuliskan di website Oktobo. Dengan metode SIGN yang dituliskan oleh Buckingham, saya harap artikel tersebut juga dapat menjadi berkat bagi para pembaca sekalian.

Sekilas Review tentang Buku ini

Buku ini menceritakan bahwa kita bisa menjadi apa saja yang Tuhan inginkan di dalam hidup kita. Dengan membagikan prinsip-prinsip rohani dari Alkitab, buku ini mengajarkan kita untuk dapat mencapai kesuksesan sesuai yang Tuhan inginkan. Sekalipun saya belum selesai membaca buku ini, Be All You Can Be! sangat memberkati dan menantang kehidupan saya untuk membuat hidup jadi lebih baik.

0 comments:

Post a Comment

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates