Tuesday, July 28, 2015

Bali, Pulau yang Selalu Libur

Liburan Idul Fitri tahun ini saya pakai untuk pergi mengunjungi pulau yang selalu libur alias Bali bersama teman-teman kantor yang sebagian besar dari divisi IT. Untuk menghemat biaya, pergi dari Surabaya ke Bali ini tidak menggunakan pesawat, melainkan menggunakan mobil pribadi. Beberapa peserta yang ikut berlibur membawa keluarganya, mereka membawa suami/istrinya bersama anak-anaknya di dalam satu mobil. Satu orang wanita yang tidak membawa keluarganya menumpang ke salah satu mobil temannya yang membawa keluarga. Sehingga tersisalah kita-kita para pria bujang yang bergabung dalam 1 mobil pada waktu trip to Bali, atau yang lebih dikenal dengan istilah, "Pria Kesepian"

Day 1 - Tanah Lot

Hari pertama kita berangkat sekitar jam setengah 2 pagi dari Sidoarjo, disitu perjalanannya lancar-lancar aja sehingga kita tiba lebih cepat ke pelabuhan dari yang diperkirakan. Perjalanan dari pelabuhan ternyata tidak memakan waktu terlalu lama, kurang lebih 30 menit kita sudah sampai di Bali tempat tujuan kita. Sampai di Bali, kita langsung makan di salah satu rumah makan dan berhubung masih banyak waktu, jadwal yang semula langsung ke hotel diganti dengan pergi ke Tanah Lot.

Bagi yang sudah tahu Tanah Lot, tempat ini kurang lebih masih sama seperti terakhir waktu saya ke tempat ini (kalau gak salah tahun 2012). Tidak ada banyak perubahan yang besar sewaktu melihat Tanah Lot. Ada ular suci, bermain air di tepi pantai dan yang terpenting di Tanah Lot adalah melihat pemandangan matahari terbenam (sunset) di sore hari.

Setelah puas berjalan-jalan dan melihat pemandangan di Tanah Lot, kami langsung pergi ke hotel. Semula pengin makan di restoran Bebek Kuning yang ada di daerah Cokroaminoto, namun karena tempat makan yang dituju sudah tutup, akhirnya kami langsung pergi ke hotel. Makan malamnya akhirnya pesan KFC delivery supaya gak ribet. Hehehe..

Day 2 - Bali Zoo, Pantai Balangan

Bali Zoo merupakan salah satu tempat menarik jika kita berkunjung ke Bali. Wisata ini menawarkan hewan-hewan yang dapat kita nikmati dengan melihatnya, namun ada beberapa hewan yang dapat berinteraksi langsung dengan kita seperti memberi makan hewan, atau foto-foto dengan burung yang ditaruh di tangan kita.

Perjalanan ke Bali Zoo memang menyenangkan, disini kita melihat berbagai hewan dan berfoto dengannya. Anak-anak kecil yang ikut dengan rombongan trip to Bali kali ini juga terlihat senang melihat hewan-hewan disana. Rasa penasaran membawa mereka terus berjalan menyusuri hewan-hewan yang ada disana. Tak sedikit waktu disana dimanfaatkan untuk berfoto dengan hewan-hewan tersebut.

Sunset di Pantai Balangan

Trip to Bali hari ini ditutup dengan menikmati sunset di pantai Balangan. Ini salah satu tempat yang termasuk sepi dengan pemandangan yang indah di Bali. Jadi bagi kamu yang benci keramaian tapi ingin menikmati pemandangan pantai di Bali, pantai Balangan merupakan tempat yang cocok untuk kamu nikmati saat berlibur ke Bali. Disini rombongan kami menikmati foto-foto di pantai Bali sampai matahari terbenam. Setelah puas disana, perjalanan dilanjutkan dengan mencari tempat makan malam, lalu kembali ke hotel.

Day 3 - Tanjung Benoa, Nasi Ayam Bu Oki, Krisna, Beachwalk

Tajung Benoa, disini tempat wahana-wahana yang bisa dinaiki dan tentunya berbayar. Jadi kalau mau kesini mesti siapkan budget yang cukup untuk menikmati permainan yang ada disana. Waktu itu saya langsung cari yang paling murah dan aman, karena kurang suka yang ekstrim-ekstrim. Akhirnya pilihan jatuh ke Turtle Island, dimana saya dan beberapa rombongan yang ikut naik ke perahu dan menuju ke Turtle Island. Di Turtle Island terdapat banyak kura-kura dan hewan-hewan unik lainnya seperti ular, burung hantu, dan lainnya. Setelah beberapa waktu melihat hewan-hewan dan berfoto disana, setelah itu kita balik lagi ke Tanjung Benoa.

Turtle Island Tanjung Benoa
Turtle Island

Saya sempat merasa bosan disana karena mesti menunggu teman-teman saya yang lain bermain parasailing sementara kita yang lain tidak bisa ikut melihat. Saast bosan-bosannya menunggu tiba-tiba ditawari untuk menggantikan teman bermain banana boat. Karena tidak ada teman lain yang berminat menggantikan, akhirnya saya putuskan untuk bermain wahana yang cukup ekstrim tersebut. Banana Boat di Tanjung Benoa memang seru, tapi yang saya takutkan hanya faktor keamanannya. Kita mesti memegang pegangan yang diberikan sementara tidak diberikan pegangan lain. Artinya jika kita lepas dari pegangan maka bisa-bisa kita loncat dari Banana Boat tersebut. Sekalipun memang agak menyeramkan, namun bermain Banana Boat di Tanjung Benoa sangat menyenangkan.

Setelah selesai dari sana, kita coba berkunjung ke wisata kuliner yang terkenal di Bali yaitu Nasi Ayam Bu Oki. Sampai disana saya sudah pengin pulang saking rame-nya, tapi berhubung rombongan saya mau menunggu, akhirnya kita menunggu disana. Beruntung tamu-tamu yang datang juga dari rombongan-rombongan, sehingga ketika mereka selesai, meja yang kosong langsung banyak. Menunggunya pun menjadi tidak terlalu lama.

Dari bu Oki langsung pergi ke Krisna untuk belanja oleh-oleh. Setelah itu lanjut ke Beachwalk, tempat nongkrong baru untuk para wisatawan Bali. Ini merupakan pertama kalinya saya bisa jalan-jalan di Mall Beachwalk ini. Tempatnya asik, banyak turis dan memang terlihat sekali kalau Mall ini menyediakan harga-harga yang high class. Tapi asik kok untuk hanya sekedar jalan-jalan dan melihat mewahnya Mall ini.

Day 4 - Pantai Pandawa, Pantai Padang-Padang, Jimbaran

Hari keempat yang merupakan hari puncak untuk trip kali ini diawali dengan pergi ke pantai Pandawa. Merupakan pantai yang memiliki pemandangan yang bagus dan cukup luas untuk bermain-main di pantai ini. Merasa tertarik dengan permainan Kano yang ditawarkan, saya dan 2 orang teman memutuskan untuk bermain Kano disana. Karena ngeyel agar mendapat harga murah, kami bertiga memutuskan untuk menaiki 1 Kano yang diisi 3 orang. Padahal penjaga sebelumnya sudah melarang 1 Kano bertiga karena air laut sedang pasang. Alhasil setelah beberapa saat naik Kano, Kano kami jatuh. Dicoba benarkan lagi, naik lagi dan jatuh lagi. Akhirnya setelah kapok jatuh dua kali, kami coba 1 Kano untuk 2 orang. Dan ternyata Kano yang kami naiki tidak jatuh-jatuh lagi. Whew...

Karena pakaian basah dan banyak pasir setelah jatuh karena naik Kano, gerombolan Pria Kesepian terpaksa meninggalkan rombongan yang lanjut ke Pirates Bay untuk kembali ke hotel dahulu. Karena merasa ketinggalan untuk menyusul kesana, gerombolan Pria Kesepian ini memutuskan untuk pergi ke pantai Padang-Padang mencoba melihat apa yang dikatakan orang-orang tentang indahnya "Pemandangan" disana. Sampai di pantai Padang-Padang, kami tidak menemukan dengan jelas apa yang dimaksud dengan "Pemandangan" disana, perjalanan masuk ke pantainya cukup panjang, bikin capek. Agar tidak ketinggalan acara berikutnya, kita berfoto sebentar di pantai ini lalu langsung melanjutkan ke Jimbaran.

Menega Cafe - Jimbaran Bali
Menega Cafe

Jimbaran ramai banget waktu itu, bagi yang mau ke Bali pada saat liburan atau tanggal merah, sebaiknya melakukan reservasi jika mau ke tempat ini. Gerombolan saya yang melakukan reservasi di Menega Cafe saja mesti mengantri sebentar sebelum mendapatkan tempat duduk untuk makan disana. Setelah selesai makan disana, kami kembali ke hotel dan bersiap untuk mengakhiri trip to Bali ini.

Day 5 - Pie Tata, Titiles, Kembali ke Surabaya

Hari terakhir merupakan saatnya untuk berbelanja oleh-oleh. Mengambil Pie Tata yang sudah dipesan, dilanjutkan dengan pergi ke Titiles untuk membeli oleh-oleh yang lain, lalu lanjut perjalanan pulang ke Surabaya. Berbeda dengan waktu berangkat di waktu subuh, perjalanan pulang kali ini mengambil waktu siang hari dimana jalanan sudah mulai ramai. Alhasil waktu perjalanan pulang ini tidak secepat waktu berangkat. Saya sendiri sampai rumah saya kira-kira pukul 11 malam.

Sekian cerita dari saya mengenai pengalaman saya dan teman-teman saya untuk trip to Bali pada liburan Idul Fitri tahun 2015 ini. Perjalanan yang memakan waktu 5 hari ini sangat mengasyikkan sebagai tempat pelepas penat saat bosan di tempat kerja. Banyak pengalaman-pengalaman baru yang saya dapatkan terutama dengan permainan di air yaitu Banana Boat dan Kano. Maklum, baru sekitar tahun 2014 lalu berani membiasakan diri dengan air setelah lama menyimpan trauma dengan air karena pernah tenggelam. Hehehe..

Jika kamu ingin menikmati libur dengan berpergian, pulau Bali merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Namun jangan kaget kalau pulau yang selalu libur ini akan menjadi sangat ramai pada waktu liburan. Apalagi tempat-tempat wisatanya yang sering dikunjungi turis asing, pasti ramai sekali.

1 comment:

1. selamat datang, selamat berkunjung kembali ke bali :)