Wednesday, June 17, 2015

Menggunakan Teknik Pomodoro untuk Time Management

Bermula dari pertemuan dengan sahabat lama saya, disitu kita bercerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Ketika saya bercerita tentang sulitnya membagi waktu saat saya bekerja, sahabat saya ini mulai mengenalkan teknik pomodoro kepada saya. Setelah saya coba pelajari lebih lanjut, teknik Pomodoro merupakan teknik yang populer di time management, penjelasannya secara lebih dalam sudah saya tuliskan di website saya dengan judul Teknik Manajemen Waktu Pomodoro. Singkatnya, teknik ini meminta kita untuk bekerja sekitar 25 menit, lalu dilanjutkan dengan istirahat 5 menit, lalu bekerja kembali.

Manajemen Waktu Pomodoro

Setelah saya pelajari, langsung saya coba praktekkan pada saat saya bekerja. Hasilnya memang efektif, dengan memasang stopwatch di layar komputer, saat saya bekerja mata saya terkadang tertuju ke timer yang saya pasang. Hasilnya saya jadi terpacu untuk segera menyelesaikan pekerjaan saya sebelum 25 menit berlangsung. Teknik Pomodoro ini membuat saya lebih berfokus pada apa yang harus saya kerjakan pada pekerjaan di pomodoro yang disiapkan, serta tidak memikirkan pekerjaan lain yang nanti ada waktunya sendiri.

Mungkin teknik pomodoro ini dapat membuat hasil lebih produktif, namun teknik ini menuntut kedisiplinan yang tinggi. Bagi orang yang kurang disiplin seperti saya, teknik ini menimbulkan efek culture shock bagi saya dan sepertinya saya memang belum siap. hehehe.. Ditambah lagi kondisi pekerjaan yang saat ini belum menumpuk terlalu banyak di tempat saya sehingga saya belum terlalu butuh untuk menerapkan teknik ini.

Teknik time management dengan pomodoro ini memang baik untuk digunakan jika kondisi pekerjaan menumpuk terlalu banyak. Karena jika kondisi pekerjaan menumpuk, mental seringkali terbebani sehingga butuh teknik untuk manajemen waktu yang baik supaya pekerjaan bisa segera terselesaikan. Mungkin saya akan gunakan teknik ini jika kondisi pekerjaan saya lagi banyak, tapi jika kondisi santai seperti ini, mungkin saya terapkan sambil sedikit santai ya. Hehehe..

Mungkin ini review singkat setelah saya menggunakan teknik pomodoro ini. Namun saya baru lakukan teknik ini hanya setengah hari saja. Jika pembaca sekalian mungkin ada yang sudah menerapkannya, bisa segera ceritakan pendapatnya pada komentar di bawah ya. Terima kasih

No comments:

Post a Comment