Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Monday, April 13, 2015

Hidup yang Diubahkan

"Dan karena diperingatkan dalam mimpi, supaya jangan kembali kepada Herodes, maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain." Mat 2:12

Ayat Bacaan: Mat 2:1-12

Tiga Orang Majus

Kisah ini menceritakan tentang tiga orang majus yang mencari bayi Yesus setelah melihat bintang di Timur. Perjalanan yang mereka ikuti menuntun mereka ke satu tempat dimana bintang itu berhenti di atas satu tempat. Dari situ mereka menemukan seorang bayi yang merupakan bayi Yesus dan memberikan persembahan kepada bayi Yesus tersebut. Setelah hal tersebut terjadi, di ayat 12 dituliskan bahwa mereka diperingatkan untuk tidak kembali kepada Herodes, jalan mereka yang sebelumnya, sehingga mereka pulang melalui jalan yang lain.


Perjalanan orang majus menuju ke tempat Yesus dilahirkan bukanlah perjalanan yang mudah. Mereka harus mengikuti bintang yang tidak tahu akan menuntun mereka kemana. Bintang tersebut bisa saja membawa mereka ke tempat yang mereka tidak tahu, ataupun tempat yang jauh sekali tanpa berujung. Tapi ini yang menarik dari orang majus, mereka percaya bahwa bintang tersebut tidak akan mengecewakan mereka, sehingga mereka mau untuk terus berjalan dan kita tahu di akhir cerita ini, penantian mereka tidak mengecewakan.

Orang majus (wise man) merupakan orang-orang bijak yang dimungkinkan adalah anggota dari suatu golongan keagamaan yang terpelajar. Tidak diketahui darimana mereka belajar, tapi dalam injil Matius dicatat bahwa mereka ingin menemui raja Yahudi yang baru dilahirkan melalui bintang itu. Hal ini berarti mereka mengerti tanda yang Tuhan berikan lewat kehidupannya. Terkadang yang membuat sulit kehidupan kita adalah karena kita tidak mengerti tanda-tanda yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita. Lalu bagaimana cara kita mengerti tanda yang diberikan Tuhan? Sama seperti orang majus tersebut, kita harus menjadi orang yang bijak, kita harus mempelajari Firman Tuhan karena Firman itu sendirilah Allah (Yoh 1). Baca dan renungkan Firman Tuhan dan lakukan Firman tersebut maka kehidupan kita akan diwarnai dengan kehidupan Allah.

Hal lain yang harus kita lakukan adalah percaya kepada Firman itu sendiri. Selain mengerti tanda dari Tuhan, orang majus juga memutuskan untuk percaya terhadap tanda tersebut. Orang majus rela meninggalkan tempat tinggalnya dan berpetualang ke arah yang bahkan merekapun tidak tahu akan kemana. Ketika kita ingin memiliki hidup yang diubahkan, selain mempelajari Firman Tuhan, kita juga harus percaya terhadap hal yang kita pelajari itu. Percuma jika kita mengerti maksud dari Firman Tuhan tapi kita tidak mau percaya terhadap apa yang kita pelajari. Pada saat orang Israel sedang berhadapan dengan Goliath, mereka bukanlah orang yang tidak mengerti Kitab Musa, mereka mengerti namun tidak percaya. Hingga muncullah Daud yang mengerti dan percaya akan Allah orang Israel.

Bertemu dengan Yesus adalah tujuan akhir untuk memperoleh hidup yang diubahkan. Ketika orang majus bertemu dengan Yesus mereka dapat merasakan sukacita bahkan sampai memberikan persembahan berupa emas, kemenyan dan mur. Pribadi Yesus adalah pribadi yang sanggup memulihkan, menyembuhkan bahkan menghibur kita yang mengalami kesusahan. Sehingga penting sekali untuk kita memiliki tujuan kehidupan untuk memuliakan Yesus. Jika kita sudah mempelajari Firman Tuhan, percaya terhadap Firman Tuhan bahkan bertemu dengan Yesus hari demi hari, maka pada saat itulah kita akan mengalami kehidupan yang diubahkan.

0 comments:

Post a Comment

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates