Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Wednesday, February 12, 2014

Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel

Syalom..!

Seringkali dalam kelompok sel, permainan / games diperlukan. Karena permainan merupakan salah satu cara untuk membuat orang-orang dalam kelompok sel menjadi tidak canggung satu sama lainnya. Makanya Permainan / Games dalam kelompok sel biasa disebut Ice Breaker (menghancurkan es yang keras :D).

Saya sendiri memiliki komunitas yang selalu memberi waktu sekitar 15-30 menit untuk permainan pada saat acaranya. Yah, sebenarnya waktu yang diberikan adalah 15 menit tapi seringkali molor karena permainan yang terlalu seru. Haha :)

Berikut adalah daftar-daftar permainan yang menarik untuk dimainkan pada kelompok sel. Silahkan di simak ya..


1. Tulis Cerita Berputar

Ini merupakan game yang saya gabungkan dari beberapa jenis game agar lebih seru dimainkan. Untuk bahan, siapkan 2 kertas dan 2 bolpoin. Setiap orang diminta untuk duduk melingkar. Taruh kertas dan bolpoin ke 2 orang yang saling berhadapan agar posisi kertas awalnya jauh.

Setiap orang yang mendapat kertas harus menulis sebuah kalimat terserah apapun kata-katanya dan nantinya ini diharapkan menjadi sebuah cerita. Setelah menulis, kertas tersebut diberikan kepada orang sebelahnya (putaran boleh searah / berlawanan arah jarum jam yang penting tidak berubah). Orang sebelahnya akan melanjutkan kalimat yang ditulis orang sebelumnya pada baris berikutnya. Oh ya, setiap peserta hanya boleh melihat kalimat terakhir yang ditulis orang sebelumnya. Untuk memudahkan, berikan instruksi agar setiap orang yang sudah selesai menulis satu baris jangan lupa menutup kalimat sebelumnya dengan cara melipat kertas baru menyerahkan kertas tersebut ke orang yang baru.

Game akan berakhir ketika kertas sudah habis sehingga tidak bisa menulis cerita lagi di kertas tersebut atau ketika 2 kertas yang berputar tersebut bertemu di satu orang. Orang terakhir yang mendapat kertas bertugas untuk membacakan isi cerita dari kertas itu. Nah, biasanya yang bikin lucu pada waktu cerita ini dibacakan isinya kocak :)


2. 3 Fakta Unik

Setiap pemain diminta untuk menuliskan 3 fakta unik tentang dirinya, terserah apapun itu. Tidak boleh diberitahu siapapun kecuali Moderator. Untuk pengumpulan sih kalo mau gampang pake kertas, kalo mau lebih hi-tech mungkin pake SMS aja ke Moderator. :p

Nah tugas moderator adalah menyebutkan salah satu fakta unik dari kumpulan fakta tersebut dan pemain yang ditunjuk menebak fakta unik tersebut adalah milik siapa. Jika benar maka akan mendapat poin, pemenang diambil dari peserta yg memiliki poin terbanyak.

Untuk memudahkan permainan, biasa sih saya gunakan bola-bolaan dari kertas. Bola awal-awal diberikan ke salah satu peserta sebagai penebak pertama. Peserta yang menebak akan melempar bola ke orang yang ditebak. Selanjutnya orang yang dilempari bola tersebut akan menjadi penebak (tidak peduli salah atau benar) dan seterusnya.


3. Rumus Salah Benar (Credit by : Mega)

Ini game yang pernah dipimpin oleh teman saya. Permainan ini seru karena permainan ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kalau ada pemain yang susah buat konsentrasi, biasanya game ini malah jadi ice breaking lucu yang sanggup memecahkan suasana.

Cara permainan game ini dimulai dengan moderator yang memberikan rumus, rumusnya terserah yang penting terdiri dari SALAH atau BENAR.

Contoh rumus: SALAH SALAH BENAR atau BENAR BENAR BENAR SALAH

Tujuannya dari rumus ini apa sih?
Awalnya moderator akan menyebutkan rumus tersebut sebelum permainan dimulai. Sewaktu permainan dimulai, moderator akan memberikan instruksi MAJU, MUNDUR, KIRI atau KANAN. Nah peserta harus melakukan apa yang dikatakan moderator sesuai rumus dan instruksinya.

Contohnya jika rumus BENAR BENAR SALAH BENAR
Pada saat moderator menginstruksikan MAJU, maka peserta harus MAJU
Instruksi kedua moderator MUNDUR, maka peserta harus MUNDUR
Instruksi ketiga moderator KIRI, maka peserta harus KANAN karena rumus ketiga adalah SALAH
Dan seterusnya..

Agar lebih seru, peserta diminta untuk menyebutkan aksinya juga dengan berbicara. Jadi contohnya jika peserta MAJU, maka peserta harus berteriak MAJU sambil badannya juga maju.


4. 3, 6, 9, Tepuk tangan!

Ini merupakan game yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Cara permainannya mudah, setiap orang diminta untuk duduk melingkar. Salah satu orang mulai menghitung dari 1, 2, 3, ... dan dilanjutkan dengan orang sebelahnya sampai seterusnya. Untuk setiap kemunculan angka 3,6,9 diganti dengan tepuk tangan.

Contohnya jika ada 4 pemain (A, B, C, D)

A : Satu
B : Dua
C : *tepuk tangan*
D : Empat
A : Lima, dst..

Yang kalah adalah orang yang menyalahi aturan, contohnya pada waktu angka 3 malah menyebutkan angka 3 bukannya tepuk tangan. Atau contoh lain jika urutannya adalah angka 12 malah tepuk tangan.
Agar game lebih seru, tambahkan peraturan jika muncul angka 3,6,9 sebanyak 2x, maka tepuk tangannya juga 2 kali. (Contoh: 33,63,69)

5. Belanja (Credit by : Buyung)

Ini game yang dimainkan di pemasa (komunitas sel) saya. Game ini akan melatih daya ingat kita dan teman-teman kita yang bermain, terlebih juga konsentrasi kita dilatih disini. Sekali tidak konsentrasi, bisa-bisa langsung kalah dalam permainan ini. Haha ^^

Cara bermainnya sangat mudah, orang pertama akan memulai dengan huruf A, dilanjutkan dengan B, C, dst.. Kalimat awal adalah "Saya pergi ke pasar membeli .. ", orang pertama mengucapkan benda yang berawalan huruf A, contoh: Ayam. Selanjutnya orang kedua melanjutkannya "Saya pergi ke pasar membeli Ayam [Benda berawalan huruf B]", orang ketiga melanjutkannya dengan berkata "Saya pergi ke pasar membeli Ayam [Benda berawalan huruf B] [Benda berawalan huruf C]" dan seterusnya sampai ada orang yang salah dalam mengingat benda-benda yang dibeli. Nah orang-orang yang salah itulah yang kalah dalam permainan ini.

Untuk perkembangan permainannya bisa menyesuaikan sendiri dengan jumlah orang dan durasi waktu terutama untuk menentukan siapa yang menang. Waktu saya bermain permainan ini kondisinya sedang diburu waktu, sehingga orang yang kalah sekali dalam permainan ini langsung gugur dan kita mendapatkan pemenang dari orang yang terakhir bertahan.


6. Lakukan Kebalik (Credit by : Billy)

Ini game simple banget, cocok untuk orang yang lagi kepepet / pusing untuk mikirin persiapan game. Tapi waktu dicoba ternyata game ini cukup menarik loh permainannya dan bikin ketawa, apalagi kalo ada orang yang susah konsen pasti bikin ketawa banget :)

Inti dari permainan ini adalah melakukan kebalikan dari apa yang diucapkan oleh Moderator. Sebelum permainan dimulai, ada baiknya dibuat perjanjian dulu tentang peraturan-peraturan kebalikannya. Misal berdiri kebalikannya duduk, jongkok kebalikannya lompat, hadap kiri kebalikannya hadap kanan, dan seterusnya sekreatif anda. Pada saat permainan, Moderator mengucapkan salah satu kata, dan pemain harus melakukan kebalikan yang dikatakan dari moderator tersebut. Supaya seru, moderator ikut melakukan juga apa yang dia ucapkan. Coba buat pancingan supaya peserta tertipu, misal ketika Moderator berkata "Duduk!", maka Moderator "Duduk" juga. Nah coba di tengah permainan Moderator katakan "Duduk!" sambil Moderatornya "Berdiri", bisa ketipu tuh pemainnya. :D

Cara permainannya bisa di variasi seenaknya kok, waktu saya memainkan game ini dibentuk kelompok-kelompok. Nah jika salah satu dari anggota kelompok salah, maka salah semua. Nanti kelompok yang salah sebanyak 3 kali dikeluarkan dari permainan. Pemenangnya tentu saja kelompok yang tersisa.


7. Pergi ke Luar Negeri (Credit by : Jefry)

Ini game seru banget terutama kalau dimainkan dengan banyak orang. Permainannya juga mudah dan membuat setiap peserta turut terlibat aktif dalam permainan ini.

Sebelum memulai permainan, setiap pemain diminta untuk menyebutkan nama negara yang akan menjadi identitas masing-masing mereka (nama negara tidak boleh kembar). Yang perlu dipersiapkan adalah alas duduk atau apapun yang dapat menandakan tempat. Siapkan alas tersebut sesuai dengan total orang yang bermain dikurangi 1 sehingga ada 1 pemain yang belum mendapat tempat. Biasanya untuk awal ada baiknya pemimpin permainan yang belum mendapat tempat untuk memudahkan penjelasan permainan.

Permainan dimulai dengan orang yang belum mendapat tempat sebagai pencerita mulai menceritakan kisah perjalanannya. Kisahnya bisa sekreatif mungkin dan diceritakan sambil berkeliling. Ketika nama negara salah satu pemain disebutkan, maka pemain dengan negara tersebut akan keluar dari tempatnya dan membentuk barisan di belakang pencerita, begitu seterusnya. Ketika kata kunci disebutkan - kalau dulu saya bermain kata kuncinya adalah "Pemasa" yang menunjukkan nama komunitas sel saya - maka semua yang ada dalam barisan tersebut segera berlari mencari tempat untuk diduduki. Pemain yang tidak mendapat tempat akan menjadi pencerita berikutnya, begitu seterusnya.


8. Lanjut Cerita (Credit by : Kevin)

Ice breaking lucu ini hampir sama dengan permainan nomor 5 (Belanja) hanya saja ini versi lebih sederhana. Tidak dibutuhkan konsentrasi yang kuat karena memang game ini buat seru dan lucu-lucuan.

Cara mainnya mudah, setiap orang menyebutkan 1 kata dan dilanjutkan dengan 1 kata berikutnya dari pemain selanjutnya yang membentuk sebuah cerita. Contohnya, pemain A yang mengawali permainan menyebutkan kata "Robert," lalu dilanjutkan dengan pemain B berkata "bermain," pemain C berkata "gitar," dan seterusnya sampai cerita dirasa sudah mulai tidak nyambung untuk dilanjutkan. Karena ini game untuk lucu-lucuan (namanya juga ice breaker kan :P) jadi ga ada menang atau kalah di game ini. Tapi boleh juga sih kalo orang yang menyebutkan kata yang ga nyambung dalam cerita dianggap yang kalah. Silahkan disesuaikan sendiri dengan kondisi kelompok sel.

Game ini ternyata seru untuk dimainkan karena cara bercerita setiap anggota kelompok berbeda-beda, belum ada janjian juga cerita ini mau dibawa kemana, sehingga setiap kata yang disebutkan menimbulkan kelucuan tersendiri. Supaya lebih seru, Anda boleh memberikan topik sebelum cerita dimulai, misalnya nih waktu saya main ada topik tentang percintaan, persahabatan, horror, komedi atau topik lainnya seperti retret, psikologi, atau materi seru lainnya.


9. 2 Benar 1 Salah

Ini game lupa yang ajari siapa, tapi menarik loh buat dimainkan. Inti dari permainan ini adalah menemukan fakta yang salah dari 3 fakta yang ada.

Minta untuk setiap pemain menuliskan 2 fakta yang benar tentang dirinya dan 1 fakta yang salah tentang dirinya di selembar kertas secara acak. Jangan lupa kertas tersebut juga diberi nama supaya tidak keliru. Kumpulkan kertas tersebut kepada moderator dan moderator mengambil 1 kertas lalu menyebutkan 3 fakta yang ada di kertas itu untuk ditebak fakta mana yang salah. Minta setiap pemain untuk menebak satu fakta yang salah dari 3 fakta yang disebutkan itu. Berikan 1 poin kepada setiap pemain yang berhasil menebak fakta yang salah tersebut.

Permainan berakhir ketika semua kertas sudah diambil oleh moderator. Pemenangnya merupakan orang yang mendapat poin tertinggi setelah permainan berakhir.


10. Temukan Barang

Sering banget sih mainin game ini dulu. Game-nya simpel dan menarik, jadi bolehlah untuk dimainkan di kelompok sel atau kelompok-kelompok lainnya asal rohani (soalnya mainnya mesti pakai Alkitab).

Buat janjian di awal, untuk angka yang disebutkan pertama menunjukkan Perjanjian Lama (angka 1) atau Perjanjian Baru (angka 2). Angka yang disebutkan kedua merupakan urutan bab. Angka yang disebutkan ketiga merupakan pasal Alkitab. Angka yang disebutkan keempat merupakan ayat Alkitab. Angka yang disebutkan kelima merupakan kata ke-..

Jadi misalnya, kalau moderator menyebutkan 2-3-19-23-12, maka berarti 2 itu Perjanjian Baru, Bab ketiga dari perjanjian baru adalah Lukas. Jadi barang yang dibawa adalah kata ke-12 dari Lukas 19:23. Lukas 19:23 berbunyi, "Jika demikian, mengapa uangku itu tidak kauberikan kepada orang yang menjalankan uang? Maka sekembaliku aku dapat mengambilnya serta dengan bunganya." Kata ke-12 dari Lukas adalah uang. Jadi, siapa paling cepat membawa uang kepada moderator (cuman membawa loh ya :p) adalah yang menang dan mendapatkan poin.

Game ini bisa dibuat kelompok ataupun individu, menyesuaikan banyaknya orang yang bakal ikutan juga. Moderator sebaiknya sudah menyiapkan daftar satu set angka (5 angka) yang menunjukkan barang yang bisa didapatkan saat permainan.

Pemenang dari game ini merupakan orang/tim yang memperoleh poin paling banyak..







Itulah game-game yang bisa saya rangkumkan di dalam blog saya. Semoga bisa memberikan referensi permainan yang cocok bagi para pembaca sekalian. Kalau merasa masih kurang, mungkin bisa lihat post saya tentang (Kondisi Butuh Persiapan) Kumpulan Permainan / Games untuk Ice Breaker dalam Kelompok Sel atau Kumpulan Permainan / Games untuk Team Building. Jika merasa kurang jelas dalam penjelasannya, silahkan berikan komentar di bawah dan nanti bakal saya balas :p. Kritik-kritik atau tambahan permainan dapat diberikan juga di komentar. Thank you~

64 comments:

  1. wahhh,, blog ini membantu banget.. aku izin ide games nya yahh buat komsel aku...
    thank you banget yahhh.. GBU (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip.. sama2 :)
      kalo ada ide permainan lain boleh share juga disini nanti kalau menarik saya taruh di page nya ;D

      Delete
  2. wah... kebetulan saya bertugaas mencari games untuk komsel saya... terima kasih...

    ReplyDelete
  3. mantap ini blog,kebetulan juga saya sedang mencari games untuk CG saya..
    thank you..GBU..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip2.. kalo ada saran game dibagi juga ya.. buat saya juga hehe :)

      Delete
  4. Wahhh makasih kaka udah mau share ini mambantu saya banget.. kebetulan aku tugas jadi ice beaker di komsel ku.. sekali lagi makasih kakak and GBU :)

    ReplyDelete
  5. Waahh.. makasih banget buat postinganya kaka itu sangat membantu saya.. dan kebetulan saya yang bertugas jadi ice beakernya di komsel saya.. sekali lagi terimakasih kaka.. GBU :)

    ReplyDelete
  6. makasihh ya ,, berguna banget ,, uda kepepet utk acara makrab nanti pagi

    jbu

    ReplyDelete
  7. Thanks ya blog ini sungguh membantu sy untuk cari referensi Games yang seru buat CG saya
    God bless ya (:

    ReplyDelete
  8. Untuk komentar di atas terima kasih juga ya sudah mau komentar ^^
    Kalo ada referensi game bagi-bagi dong, saya juga mulai kehabisan nih :p

    ReplyDelete
  9. Banyak manfaatnya sekali,
    Terimakasih ya..ijin untuk memakai gamenya

    www.frastatraining.com

    ReplyDelete
  10. Haleluya...thank you contekannya,,hahhaha....lumayan bisa nambahin Ice breaker untuk KOM100 ,, GBU

    ReplyDelete
  11. terimakasih sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  12. thanks ya, kayaknya seru2. bisa dicoba nanti. Jesus bless

    ReplyDelete
  13. KALO buat anak2 ada gak nih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah blm kepikir sampe situ sih.. Mgkn kalo ada inspirasi boleh ya saya tulis :D

      Delete
  14. Inspiratif dan sangat membantu.... terima kasih semoga bermanfaat bagi banyak orang

    ReplyDelete
  15. keren banget gamesnya (y)

    ReplyDelete
  16. Sama2 semua, semoga permainan yang saya bagi bisa bermanfaat ya buat semua ^^

    ReplyDelete
  17. thank you, ngebantu banget gamesnya. jbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip2.. Senang juga kok bisa membantu :D

      Delete
  18. Kakak,,, ada yang baru tak icebreakernya.... Bingung nih. ... :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. maaf ya blm ada kepikiran
      mungkin bisa share disini juga icebreakernya yg blm ada disini buat menolong yg lain

      terima kasih sudah mengunjungi :D

      Delete
  19. Idenya kreatif sekali. terimakasih ya mas :)

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Trima kasih
      Sabar ya buat game-game seru lainnya

      Delete
  21. thanks buat games-nya... menambah referensi keseruan...

    ReplyDelete
  22. Akhirnya nemu jga yg menarik, thanks gan ide nya sangat membantu.

    ReplyDelete
  23. makasi ya kak idenyaa.....

    hahaa.. aku ijin gunakan untuk games2ku ya.

    Salam dari jakarta,,

    ReplyDelete
  24. maz Junaedi sie sie..
    kadang kalo muridku sdh bosan bljr aq suka cari2 permainan lucu dan seru biar anak2 ga bosen. slah satunya permainan " ucapan vs gerakan"
    caranya : bagi anak menjadi beberapa kelompok ( bisa 5-10 orang/ kelompok). setelah itu sya menjelaskan cara permainannya yaitu :
    pertama : anak dijelaskan tentang ciri2 empat benda yang akan menjadi kunci dlam permainan yaitu: gajah ciri2nya besar, semut ciri2nya kecil, kereta ciri2nya panjang, pensil cirinya pendek.
    kedua : setelah anak sdh dijelaskan ciri2 benda itu, skarang anak hrs bs memperagakan ciri keempat benda itu bersama dengan gerakannya TETAPI gerakannya harus berlawanan dengan ciri2nya. contoh : pada saat anak menjawab "kecil" mereka harus menggerakan kedua tangan mereka seolah2 membuat lingkaran yang besar di hadapan mereka. jika mereka menjawab "besar" mereka harus menjawab sambil menggerakan kedua telunjuk tangan mereka seolah-olah membentuk lingkaran kecil. jika mereka menjawab " panjang " mereka harus menjawab smbil menggerakan kedua telapak tangan berhadapan dan agak berdekatan. jika mereka menjawab " pendek " maka kedua telapak tangan mereka berhadapan tapi dibuat jauh.
    ketiga : setelah semua anak paham dengan aturan permainannya maka guru memperagakan dengan beberapa siswa terlebih dahulu misal :
    guru bertanya kepada A : gajah ?
    si A harus menjawab : " besaaarrr...." ( sambil menggerakan tangan mereka seolah2 membuat lingkaran kecil "
    guru bertanya kepada B : semut?
    si B harus menjawab : " keciiillllll..." ( sambil menggerakan tangan mereka seolah2 membuat lingkaran besar"
    dan seterusnya dengan mengulang keempat kata kunci tadi secara acak.
    dalam permainan ini anak akan kesulitan dalam mengkoordinasikan jawaban dan gerakan yang harus berlawanan, kadang anak bisa salah menjawab misal guru bertanya semut? anak akan menjawab " besaaarrr..." ( dengan gerakan tangan membuat lingkaran besar) hee...
    bagi anak yang menjawab salah bisa dihukum dengan membuat pertanyaan untuk teman2nya, dan digantikan lg oleh teman lain yang jawabannya msh salah..bgtu dst...
    selamat mencoba..( maaf jika maz junaedi atau yang lainnya sdh mengetahui permainan ini sebelumnya...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bu Sukini atas masukan permainannya
      Jadi memotivasi saya untuk membuat pos kumpulan permainan anak-anak

      Untuk referensi permainannya sudah saya masukkan di Daftar Kumpulan Permainan / Games untuk anak-anak

      Makasih

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Thank youuu .. ide2 nya sgt membantuuu untuk family cell kami. God bless

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha sama-sama
      senang juga bisa membantu
      God bless

      Delete
  27. eh menarik lho gamesnya, yang salah benar oke banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya salah benar gamenya lucu
      melatih konsentrasi pake gerakan soalnya
      jadi sering ketawa-ketawa kalo liat ada yg salah

      Delete
  28. makasih gan, atas infonya :)

    ReplyDelete
  29. awalnya saya bingung pakek game apa, dan waktunya telah habis untuk berfikir. karena besok saya harus tampil di classmetting saya. lalu saya cari di google. ternyata saya menemukan diblog ini. dengan game yg seru.

    ReplyDelete
  30. sip
    semoga bisa memberkati ya daftar permainannya

    ReplyDelete
  31. teirma kasih atas ide-idenya
    sangat berguna untuk sistem pembelajaran bahasa Indonesia untuk orang Asing

    ReplyDelete
  32. Terima kasih Mas Junaedi buat info tentang games. Tetapi, ada tidak games untuk anak-anak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih daftar permainan untuk anak-anak, tapi masih kurang banyak
      Semoga bisa membantu ya Daftar Kumpulan Permainan / Games Untuk Anak-Anak

      Delete
  33. keren sekali ide ide nya. kebetulan saya sedang tugas icebreaker di cell saya.. terma kasih mas Junaedi Widjojo

    ReplyDelete
  34. Thank God, Terima kasih mas Junaedi yang udah share games-games serunya, semoga hari kamis besok ini temen-temen kaum muda di Grejaku ngerasain serunya haha.

    BTW kasih masukan ya mas, misalkan ditambahkan maksud dan tujuan games sepertinya kan lebih komplit mas, hehe

    Terima kasih banyak atas masukan-masukannya, nanti kalo sempat, aku share games-games seru yang pernah aku pakai ya mas. GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip.. Iya, saya doakan supaya seru ya

      Untuk maksud dan tujuan games sih untuk halaman ini memang buat seru-seruan aja. Jadi bingung juga kalau mau dibuat maksud dan tujuannya

      Untuk permainan-permainan yang memiliki tujuan saya tuliskan di Kumpulan Permainan / Games Untuk Team Building. Boleh dicek kalau berkenan

      Ditunggu share-nya mas :)

      Delete
  35. waduh ko Ju,, membantu banget.. thankyouu yaa.. hehhe
    GBU

    ReplyDelete
  36. Trimakasih kakak ide2nya sngt membantu :)

    ReplyDelete
  37. Mohon info donk game dengan thema BAHASA KASIH, apa yach?

    ReplyDelete
  38. Mohon info game dengan thema BAHASA KASIH, gamenya seperti apa dan bagaimana?

    ReplyDelete
  39. Terimakasih banyak sangat bermanfaat sekali....menyenangkan...
    Duniaku berbagi ilmu

    ReplyDelete
  40. Bagus sekali idenya..
    Saya ada ide permainan
    Judulnya APA, SIAPA, KAMU

    Peserta duduk melingkar, peraturannya satu orang menyebutkan salah satu dari tiga kata tsb, org yg duduk di sebelahnya harus menirukan kata yg sama jika ingin melanjutkan. Tp jika ingin merubah putaran, org yg disebelahnya harus mengganti kata yg sudah disebutkan.
    Misalnya A: Apa > B: Apa > C: Apa < D: Kamu > C: Kamu > B: Kamu..... Dst
    Siapapun boleh mengganti kata kuncinya asalkan tepat. Selama kata kuncinya tetap maka putarannya maju (kanan), jika ada yg mengganti kata kuncinya maka putarannya kembali lagi ke (kiri)
    Agar tdk kesulitan, peserta jg harus menengok ke arah yg dia maksud sambil menyebut kata kuncinya
    Org2 biasanya bingung ketika mau mengganti kata kuncinya.

    (Semoga paham, maaf bahasanya ribet :D )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih buat masukannya

      Sudah saya tuliskan di post satunya, hanya saya berikan sedikit penyesuaian sesuai dengan game seperti ini yang pernah saya mainkan sebelumnya :D

      Delete
  41. Sangat bermanfaat, makasih... God bless you

    ReplyDelete

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates