Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan

Tuesday, January 14, 2014

Review BukaBuku.com - Toko Buku Online

Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman belanja buku Online pertama saya.
Yap! Saya melakukan pembelian buku Online pertama ini di BukaBuku.com. Website dengan PageRank 3 ini (14 Januari 2014) merupakan tempat yang saya percaya untuk memesan buku yang sedang saya cari.


Awal mula adalah pada saat saya ingin membeli buku renungan 1 tahun milik Pdt. Gilbert Lumoindong. Sebelumnya di tahun 2013 saya memakai buku beliau yang berjudul "Kelimpahan Setiap Hari". Di tahun 2014 ini, saya ingin membeli buku renungan 1 tahunnya yang lain. Oh ya, buku renungan beliau selalu menggunakan akhir Setiap Hari sehingga pertama-tama saya cari di Toko Gunung Agung yang ada di Galaxy Mall (Salah satu Mall di Surabaya) dan saya tidak menemukan buku yang berjudul "... Setiap Hari" milik Pdt. Gilbert Lumoindong. Suatu waktu saya pergi ke Grand City (Salah satu Mall di Surabaya) dan ternyata suatu kenyataan pahit muncul ...

"Saya tidak menemukan Gramedia disana"


Ini bukan cerita biasa karena ternyata Gramedia disana sudah ditutup dan akan digantikan oleh Ace Hardware. Suatu kenyataan yang mengingatkan kita bahwa orang-orang sekarang sudah kurang menghargai buku lagi. Semua serba gadget, gadget dan gadget. Hufft..
Setelah melihat kondisi tersebut, akhirnya terbesit di pikiran saya untuk membeli buku lewat toko buku Online. Adik saya sempat kurang setuju karena pembelian buku Online akan mengenakan biaya pengiriman, tapi bagi saya selama ada bukunya saya lebih baik membayar biaya pengiriman daripada tidak memiliki buku renungan.

Singkat cerita saya mulai Googling dan menulis judul buku yang sedang saya cari. Saya cari dan entah kenapa waktu itu saya melihat Buku "Bersyukur Setiap Hari" yang ada di BukaBuku.com. Melihat buku tersebut, saya langsung memutuskan untuk melakukan pendaftaran di BukaBuku.com.



Proses pendaftaran di BukaBuku.com tidaklah ribet, saya sendiri sudah lupa isian apa saja yang diminta untuk mendaftar. Yang paling unik (saya ga tahu dengan toko buku Online lainnya), terdapat isian untuk Nama ATM yang akan digunakan untuk mentransfer. Ajaibnya isian ini akan saya ceritakan nanti pada saat pembayaran.

Setelah mendaftar saya langsung Order buku tersebut. Mengingat toko buku Online ini cukup lengkap, saya coba melihat buku renungan Pdt. Gilbert Lumoindong yang lain. Ternyata di toko ini buku beliau yang lain ada cukup lengkap. Sewaktu saya melihat buku "Mukjizat Setiap Hari", ada keterangan yang berbeda dengan buku "Bersyukur Setiap Hari" yang saya pesan sebelumnya, dimana pada keterangan di buku ini tertulis Ready Stock! yang membuat saya bingung apa bedanya dengan buku sebelumnya. Akhirnya untuk menghindari resiko, saya memesan buku "Mukjizat Setiap Hari" karena keterangan di website-nya bahwa stok sudah siap.

Setelah saya selesai memesan, saya mendapat E-mail nomor rekening untuk saya transfer sesuai dengan jumlah yang saya pesan. Malamnya saya pergi ke ATM BCA dan melakukan transfer sesuai dengan informasi yang diberikan pada saya. Sesampai rumah, saya membuka laptop saya untuk mengkonfirmasi pengiriman yang saya lakukan. Terjadilah sesuatu yang menarik menurut saya, ketika saya bukan akun saya, status Order saya yang awalnya Belum Lunas menjadi Confirmed yang artinya saya tidak perlu melakukan konfirmasi untuk transfer saya, sistem sudah mengkonfirmasikannya secara otomatis. Yah.. menurut saya ini menarik karena memang teknologi seperti ini sangat memudahkan Customer dalam belanja Online. Mengingat pengalaman dengan jasa Online yang lain, saya sudah transfer namun mereka masih memerlukan ScreenShot bukti hasil pengiriman saya untuk konfirmasi.

Cara pengiriman menggunakan JNE dan ketika pengiriman dari BukaBuku.com sudah sampai ke JNE, muncul informasi baru di akun saya yaitu untuk pengecekan status pengiriman pada JNE. Dimana saya cukup membuka akun saya di BukaBuku.com, saya dapat melihat status pengiriman pada JNE entah sudah terkirim atau masih proses serah terima. Yang membuat lebih nyaman, saya mendapatkan E-mail setiap kali ada perubahan status pengiriman di BukaBuku.com (Bukan JNE). Sekitar 4 hari, buku itu sudah ada di tangan saya.

Salah satu kelemahan (menurut saya) pada BukaBuku.com adalah dimana tidak ada tombol untuk Cancel Order. Akhirnya pemesanan buku "Bersyukur Setiap Hari" yang seharusnya saya tidak jadi beli, masih ada di informasi Order pada akun saya. Sempat saya mendapat E-mail berkali-kali dari BukaBuku.com untuk menyelesaikan pemesanan. Karena saya merasa terganggu, saya membalas E-mail tersebut untuk membatalkan pemesanan dan akhirnya saya tidak mendapat E-mail tersebut lagi, namun di akun saya masih ada pemesanan tersebut dengan status Belum Lunas. Setelah beberapa hari saya mendapat E-mail balasan lagi yang mengkonfirmasikan bahwa pemesanan di akun saya telah dibatalkan.



Akhir kata, BukaBuku.com merupakan Toko Buku Online yang terpercaya di Indonesia. Pemesanan mudah dan pengiriman pun cepat dengan penyajian informasi yang up-to-date. Bagi yang ingin melihat website-nya ataupun ingin memesan buku disana silahkan klik link berikut ini BukaBuku.

13 comments:

  1. Bukabuku memang bisa dipercaya tapi proses pengiriman buku lamban. Kalau cepat buku mestinya sudah diterima pemesan paling lama 4 hari sejak order. Faktanya biasanya 2 minggu baru sampai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya tidak tahu kalau sampai seperti itu, thanks for share :)
      Soalnya saya tidak selama itu sih
      Tidak sampai 1 minggu sudah keterima

      Delete
  2. kalau kami dari malaysia membeli bukunya, bagaimana pak prosesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanyakan lewat email di http://www.bukabuku.com/home/contact

      Delete
  3. makasih bnyk review tentang toko buku online bukabuku..
    jadi pngn beli buku disana. meskipun pengirimannya agak lama :D
    tas fashion

    ReplyDelete
  4. Kamu beruntung sekali... aku beli buku di bukabuku.com lama sekali pelayananya. di web ditulis 24 jam tersedia tapi order dari 27 Okt 2014 sampe hari ini belum sampai... huuuuuh... niat beli buku untuk kado ulang tahun bunda malah gagal total.. kecewa.. >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. nasib orang beda2 ya ternyata :p
      mgkn lagi kebanjiran order kali ya

      Delete
  5. iya kali ya makanya begitu leletnya hehe...

    ReplyDelete
  6. Boleh jadi yang nulis review ini diistimewakan biar mereka ga dianggap lambat dalam pengiriman bukunya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu ga tahu ya.. Yang pasti saya nulis review ini secara sukarela kok.. :P

      Delete
  7. Kapok beli disini ... lama belum lagi kualitas bukunya jelek ... sampul udah robek , kertas kuning bahkan ada yang berjamur ... Okelah harga didiskon ... tpi mending kasitau di awal buku diskon = buku rusak . 1 bulan proses , bolak balik tlp cs buat ngamukin ... nyesel banget beli disini

    ReplyDelete

Home Permainan Kelompok Permainan Android Renungan
Copyright © 2015 Junaedi Widjojo | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates